Jumat, 12 Agustus 2011

Menjaga Keamanan Facebook

Perlindungan Kata Sandi: Anda sebaiknya memilih kata sandi yang unik dan rumit untuk akun Anda dan menyimpannya untuk diri sendiri. Pastikan Anda menggunakan rangkaian angka, huruf, dan tanda baca sepanjang sedikitnya 6 karakter. Kata sandi ini sebaiknya juga berbeda dengan kata sandi lain yang Anda gunakan di tempat lain di internet.

Browsing Pribadi: Pastikan Anda keluar dari akun Facebook dan keluar dari browser setelah selesai menggunakan situs ini. Ini penting terutama saat Anda menggunakan komputer publik atau perangkat seluler orang lain. Sebaiknya jangan mencentang kotak "Biarkan saya terus masuk" saat masuk dari komputer publik, karena ini akan membuat Anda terus masuk bahkan setelah jendela browser ditutup.

Email Aman: Karena semua orang yang bisa membaca email Anda kemungkinan juga bisa mengakses akun Facebook Anda, sebaiknya pastikan bahwa alamat email apa pun yang berhubungan dengan akun Anda tersebut aman. Untuk memastikan keamanan, Anda sebaiknya mengubah kata sandi untuk semua akun email dan pastikan tidak ada kata sandi yang sama. Dengan membedakan kata sandi, Anda bisa menurunkan risiko pembobolan akun di masa mendatang secara signifikan.

Pertanyaan Keamanan: Jika Anda belum melakukannya, sebaiknya tambahkan pertanyaan keamanan pada akun Anda dari halaman Pengaturan Akun. Sebaiknya pilih pertanyaan dan jawaban yang Anda ingat, dan tidak ada orang lain yang mampu menjawab pertanyaan yang Anda pilih.

Masuk ke Facebook.com: Pastikan saat Anda mengakses situs, Anda selalu masuk dari halaman Facebook yang sah dengan domain facebook.com. Jangan mengklik tautan yang tidak dikenal dan jangan jalankan file yang bisa dieksekusi (file yang berakhir dengan .exe) di komputer Anda tanpa mengetahui apa sebenarnya file itu. Jika sesuatu terlihat atau terasa mencurigakan, langsung buka www.facebook.com untuk masuk.

Jalankan Program Anti Virus: Jika komputer Anda terinfeksi virus atau perangkat lunak jahat, Anda perlu menjalankan program anti-virus untuk menghapus program berbahaya tersebut dan mengamankan informasi Anda.

1 komentar: